Just Talk and Relax

31 Agustus 2020

Self Confidence

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Haloo.. Haloo.. semuanya, kali ini aku mau bahas tentang self confidence nih. Yang mau kepo-kepo tentang self confidence, boleh banget baca postingan ini.

Self confidence itu apa?

Self confidence itu, kalo diartiin ke Bahasa Indonesia artinya “kepercayaan diri”. Itu artinya seberapa percaya kamu sama diri kamu sendiri, seberapa percaya kamu sama kemampuan yang ada didalam diri kamu atau seberapa percaya kalo kamu itu bisa ngelakuin dan mencapai sesuatu. Biasanya self confidence ini sering di kaitkan sama istilah ‘orang pede’ atau ‘orang gak pede’. Kalo orang yang pede itu artinya dia punya self confidence tinggi dalam dirinya dia, itu tandanya dia percaya kalo dirinya punya kemampuan buat bisa ngelakuin sesuatu. Kebalikan sama orang pede, kalo orang yang gak pede itu artinya self confidence-nya rendah, itu tandanya dia gak percaya sama kemampuan yang dia punya.

Orang yang pede alias orang yang punya self confidence tinggi, biasanya akan keliatan optimis, berambisi, energik, ngerasa bebas buat ngelakuin hal-hal yang dia suka, gak gampang cemas tiap mau ngelakuin sesuatu dan berani buat jadi diri sendiri.

Faktor-faktor Self confidence

Self confidence ini, ada 3 hal yang mempengaruhinya :

  1. Self concept (konsep diri) : konsep apa yang kita bikin buat diri sendiri atau bagaimana kamu melihat dan menilai dirimu sendiri. Contohnya ‘saya orang yang tidak bisa apa-apa’.
  2. Self esteem (harga diri) : seberapa berharga kita menilai diri kita sendiri, apakah diri kita ini penting atau tidak buat kehidupan dan baut orang lain. Contohnya ‘saya cuma sebuah butiran debu di dunia ini’.
  3. Self efficacy (efikasi diri) : seberapa yakin kalo kita bakal berhasil ngelakuin sesuatu. Contohnya ‘saya pasti bisa’.

Dari sini, udah bisa ke gambar gimana ketiga faktor ini bisa mempengaruhi self confidence seseorang. Kalo seseorang itu punya konsep diri yang positif, self esteem dan efikasi diri yang terbentuk dengan baik.. itu bisa bikin dia percaya sama dirinya sendiri sehingga setiap akan melakukan sesuatu, dia yakin kalo dia bisa ngelakuin itu dengan baik. Ini gambaran seseorang yang punya self confidence tinggi.

Sebaliknya pun berlaku demikian, kalo seseorang punya konsep diri yang negatif, self esteem dan efikasi yang tidak terbentuk dengan baik.. itu bisa bikin dia ragu sama kemampuan yang dia punya sehingga setiap dia akan ngelakuin sesuatu, dia bakal ragu-ragu dan gak pede buat ngelakuin itu. Padahal bisa aja, dia punya kemampuan untuk ngelakuin hal tersebut tapi karna dia gak percaya sama dirinya sendiri.. itu bisa bikin dia jadi orang yang gak pede.

Gimana terbentuknya self confidence

Sebenernya, terbentuknya kondisi mental seseorang itu hampir sama semua.. selalu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu gen (biologis) dan lingkungan. Faktor biologis, biasanya mereka emang punya bakat yang diturunkan dari orang tua dan keturunannya. Untuk faktor lingkungan, ada 2 jenis lingkungan yang aku bedain disini yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan keluarga itu berasal dari pola asuh yang diberikan dari pengasuh-pengasuh kita waktu kecil. Untuk orang yang punya self confidence tinggi, mereka biasanya dibesarkan dengan pola asuh yang sering banget dapet reward, pujian dan selalu difasilitasi (selalu di support kalo anak mau ngelakuin sesuatu). Lingkungan masyarakat juga hampir sama dengan lingkungan keluarga, kalo orang yang punya self confidence tinggi.. biasanya di lingkungannya pun sering dapet pujian dan di fasilitasi ketika dia mau ngelakuin sesuatu.

Dari kedua faktor ini, akan membentuk gimana karakteristik kepribadian yang terbentuk dalam diri seseorang. Didalam kepribadian ini, ada konsep diri.. self esteem.. self efficacy dan keseluruhan gambaran tentang diri kita secara utuh. Dengan karakteristik kepribadian yang terbentuk inila menyebabkan seseorang itu punya tingkat self confidence yang berbeda-beda.

Mau ningkatin self confidence?

  • Hal yang paling awal dan utama yang harus dilakukan seseorang yang mau ningkatin self confidence-nya, yaitu harus punya kemauan !

Kebayang dong, kalo kita mau punya self confidence tinggi tapi gak punya kemauan buat berubah… ya pasti, kemauan itu akan jadi angan-angan doang. Karna kita gak akan berubah kalo gak punya kemauan.

  • Mempersiapkan diri

Persiapan itu penting ya temen-temen, kalo mau ngelakuin apapun.. butuh persiapan supaya segala sesuatunya itu bisa berjalan lancar. Persiapan yang harus kalian lakukan ada 2 yaitu persiapan internal dan eksternal.

Persiapan internal : seperti yang udah aku jelasin di atas kalo orang yang punya self confidence rendah dipengaruhi sama beberapa hal didalam dirinya yaitu konsep diri yang negatif, self esteem dan efikasi diri yang gak terbentuk dengan baik. Persiapan internal disini, kalian mulai coba buat memperbaiki ketiga hal yang mempengaruhi ketidak-pedean itu sendiri.

Gimana caranya? Kalo dari pengalaman aku pribadi, aku mempertanyakan kembali 3 hal itu didalam diriku sendiri, seperti ‘apakah benar aku orang yang tidak melakukan apapun?’. Dengan pertanyaan ini, bikin aku akhirnya membuka memori-memori hidup aku untuk nemuin jawabannya. Dari sini, muncul keragu-raguan didalam diri aku sendiri ‘emang bener yaa.. aku gak bisa apa-apa? Aku inget, ternyata aku pernah berhasil ngelakuin sesuatu’. Nah.. dari sini, yang bikin kita pelan-pelan mulai ngerubah konsep diri, self esteem dan efikasi diri menjadi ke arah yang lebih positif.

Persiapan eksternal : persiapan ini tergantung dari apa yang bikin kita gak pedenya temen-temen. Kalo misalnya kita gak pede untuk bicara di depan umum, persiapan eksternal yang kita lakukan bisa dengan banyak latihan dan banyak baca materi yang mau kita sampaikan di depan umum itu. Atau kalian juga bisa ngelakuin persiapan-persiapan lainnya untuk menunjang performa kalian.

  • Mulai lakukan dari hal yang kecil terlebih dahulu

Ini ada hubungan sama persiapan eksternal.. di persiapan eksternal kalian butuh latihan untuk menunjang performa kalian nanti. Latihan ini, bisa dimulai dengan ngelakuin hal yang kecil terlebih dahulu.. misalnya, mau pede bicara di depan umum, kalian bisa latihan mulai dari hal kecil dulu seperti bicara sama orang-orang terdekat dulu, bicara di depan kelas dan nanti akhirnya kalian bisa bicara di depan umum dengan pede.

Kenapa harus ngelakuin dari hal yang lebih kecil dulu? Karna sama kayak kita mau naik gunung.. kita pelan-pelan menelusuri gunung itu, sampe akhirnya kita bisa ada di puncak tertinggi gunung itu. Selain itu, kalo kalian ngelakuin hal-hal yang kecil terlebih dahulu, itu kemungkinan kalian bakal berhasil lebih besar daripada langsung ngelakuin sesuatu yang besar.

  • Reward semua hal yang sudah kamu lakukan dan jangan menyerah

Jangan lupa untuk selalu reward diri kita sendiri karna pasti proses yang kalian lakukan bukan hal yang mudah. Jadi dengan memberikan reward ke diri sendiri, kalian bakal ngerasa bahwa usaha yang kalian lakukan itu engga sia-sia dan itu bisa jadi energi buat terus semangat untuk bisa ningkatin pede kalian. Dan kalo kalian nyerah, disitu semuanya akan berakhir. Aku punya quotes yang sering ku pake kalo aku lagi ngerasa putus asa dan mau nyerah.

“Jika salah, perbaiki. Jika gagal, coba lagi.

tapi jika kamu menyerah, semuanya selesai”

Kalian pasti gak mau semua kerja keras kalian berakhir sebelum nyampe di tujuan kalian. Jadi jangan nyerah yaaa teman-teman. Aku tau ini gak mudah, jadi tetep semangat. 

Sekian dulu postingan aku kali ini, semoga bermanfaat yaa.. sampai ketemu di posting selanjutnya.

 

Referensi :

Internet

Pengalaman pribadi

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com