Just Talk and Relax

24 Agustus 2020

Komunikasi : Man Vs Woman (Part 2)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Halloha semuanya… di postingan aku kali ini, masih nyambung sama postingan sebelumnya. Jadi disini, aku masih mau bahas soal komunikasi dan kali ini aku sama Hendra bahas tentang gimana komunikasi antara laki-laki dan perempuan. Yuk di baca.. semoga bermanfaat dan bisa ngebantu kita buat bikin komunikasi jadi lebih baik lagi.

Mungkin buat sebagian orang ada yang ngerasa sulit buat ngejalin komunikasi yang baik dengan temen lawan jenis mereka. Buat sebagian orang, hal itu sering bikin mereka ngerasa gak dipahami dan sering berantem karena komunikasi yang gak berjalan dengan baik. Apa ya yang bikin komunikasi antara laki-laki dan perempuan sering gak berjalan baik? Di Part 1, aku udah bahas apa aja yang bikin komunikasi gak berjalan dengan baik. Hal itu, juga berlaku buat komunikasi antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, ternyata ada perbedaan karakteristik dari gaya komunikasi antara laki-laki dan perempuan yang bikin komunikasi di antara mereka gak berjalan dengan baik. Yuk.. lanjut di baca postingan ini.

Menurut Hendra, biasanya gaya komunikasi laki-laki itu.. selalu menggunakan akal atau logika mereka. Itu artinya, mereka biasanya berkomunikasi pada hal-hal yang berhubungan dengan sesuatu yang faktual dan kongkrit. Gaya komunikasi laki-laki inilah yang biasanya bikin mereka terkesan sebagai orang yang dingin dan gak begitu mikirin perasaan orang lain. Tapi, buat sebagian laki-laki, gaya komunikasi ini.. juga bisa mereka jadikan sebagai alat untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang lain. Cara mereka menyampaikan kasih sayangnya, biasanya dalam bentuk membicarakan hal-hal yang telah ia lakukan kepada seseorang yang dia sayang itu.

Setiap orang selalu punya sisi positif dan negatifnya. Nah.. gaya komunikasi laki-laki ini, juga punya kedua sisi tersebut. Sisi positifnya, mereka bisa lebih objektif dalam berkomunikasi dengan orang lain. Itu artinya, setiap pesan yang mereka terima.. biasanya bakal ditangkap sesuai dengan fakta yang ada. Sisi negatifnya, mereka biasanya pake cara komunikasi ini buat menipu atau berbohong ke orang lain. Laki-laki biasanya pake hal-hal yang kongkrit dan faktual itu.. buat ngambil kesempatan untuk memanfaatkan orang lain. Ditambah, dengan mereka yang terkesan dingin yang membuat mereka terlihat lebih tenang dalam berkomunikasi sehingga banyak orang yang akhirnya tertipu dengan mereka.

Kalo gaya komunikasi perempuan, biasanya mereka lebih menggunakan perasaannya sehingga terkesan lebih emosional di bandingkan laki-laki. Jadi, kalo perempuan yang menjadi penerima pesan.. biasanya mereka akan memikirkan makna dari sisi emosionalnya terlebih dahulu seperti “dia ini marah gak ya sama aku?”. Kalo perempuan yang menjadi pengirim pesan, biasanya mereka juga memasukkan ekspresi emosi dari pesan yang mereka sampaikan. Walaupun, terkadang ekspresi emosi itu tidak mereka ucapkan dalam pesan yang ingin disampaikan. Hal ini yang sering kali bikin lawan bicara akhirnya salah dalam memberikan makna dari pesan yang disampaikan oleh perempuan.

Gaya komunikasi perempuan ini, juga punya sisi positif dan negatifnya teman-teman. Sisi positifnya, perempuan jadi lebih memahami perasaan dan emosi yang dirasakan oleh lawan bicaranya. Hal ini yang sering bikin lawan bicara ngerasa.. ada orang yang peduli dan perhatian sama mereka. Sisi negatifnya, terkadang perempuan kurang bisa objektif dalam memberikan makna pada pesan yang disampaikan orang lain.

Dari hal ini, kita bisa ngeliat gimana perbedaan cara berkomunikasi antara laki-laki dan perempuan itu. Kalo laki-laki lebih menggunakan akal mereka, sedangkan perempuan lebih menggunakan perasaan mereka. Nah.. kalo gitu, gimana caranya supaya komunikasi antara laki-laki dan perempuan bisa terjalin dengan baik?

Untuk komunikasi bisa terjalin dengan baik antara laki-laki dan perempuan itu, kita perlu untuk mengenal karakteristik masing-masing. Jadi, kalo laki-laki harus belajar buat mengenal gimana cara komunikasi perempuan dan begitupun sebaliknya. Mengenal karakteristik komunikasi itu bisa dilakukan dengan cara, mencari tau gimana gaya berkomunikasi di masing-masing jenis kelamin seperti yang udah dijelasin diatas.

Dengan mengenal gaya komunikasi pada masing-masing jenis kelamin ini, bisa bikin kita memahami satu sama lain sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa di sesuiaikan dengan cara berkomunikasi lawan bicara kita.

Selain itu, untuk laki-laki dan perempuan bisa coba buat belajar menyesuaikan gaya berkomunikasi lawan jenis mereka. Contohnya, buat laki-laki.. mereka bisa belajar buat lebih berempati dalam berkomunikasi atau belajar buat memahami perasaan lawan bicaranya dan begitupun sebaliknya, buat perempuan.. bisa belajar buat mengkomunikasikan perasaan mereka.

Oke teman-teman, sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di postingan selanjutnya. 

Read More :

Komunikasi : Man Vs Woman (Part 1) 

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com