Just Talk and Relax

7 Agustus 2020

Serba-Serbi Kehidupan Pasca

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Hallo semuanya.. aku masih mau cerita seputar kampus nih. Kali ini, aku mau cerita tentang kehidupan aku selama di kampus pasca sarjana. Mau tau gimana cerita aku di sekolah pasca? Di baca yaa teman-teman.

Kehidupanku selama dikampus pascasarjana ini, lumayan agak naik turun teman-teman. Yang jelas, banyak turunnya daripada naiknya hehehe. Ketika diawal aku masuk kelas pasca, aku cukup kaget karena tiba-tiba materi kuliah itu langsung dijelaskan dengan panjang lebar oleh dosen. Satu hari bisa beberapa materi kuliah yang diberikan dan materi yang diberikanpun bukan materi pengenalan sama kayak kita baru pertama kali di kelas sarjana. Ini pesanku buat teman-teman yang ada rencana mau ngelanjutin sekolah kalian ke jenjang pascasarjana :

Jangan sekali-kali melupakan materi-materi kuliah di sarjana

Yang bikin aku kaget diawal kuliah, bukan cuma materi kuliah yang dikasih banyak banget.. tapi kaget karena aku udah lupa sama materi S1 ku dulu. Sedangkan yang dijelaskan dosen itu hanya sebagai penyegaran aja, sehingga dosen-dosen yang ngajar itu cuma ngasih materi kuliah secara sepintas aja.

Apa dampaknya dari reaksi kagetku ini? Pertama, bikin mentalku jadi drop karena berasa banyak  banget ketinggalan materi dan aku harus ngejer ketinggalanku itu. Karena hampir semua materi S1 aku lupa, jadi kebanyang dong gimana stressnya aku karna harus ngejer ketinggalan aku. Kedua, tuntutan dari dosen dan sekolah pascasarjana itu sendiri yang mengharuskan kita untuk memiliki kemampuan diatas anak-anak sarjana. Jadi, diawal aku kuliah.. aku udah ngerasa stress karena aku harus ngejer ketinggalanku, disisi lain aku juga harus bisa ngikutin tuntutan kuliah di pasca sarjana ini.

Gimana cara aku ngatasin hal ini? Yang pasti gunakan waktu sebaik mungkin, setiap ada waktu libur.. aku selalu ngeluangin waktu untuk belajar materi-materi yang engga aku pahami dan sambil buka materi kuliahku di S1 dulu. Di pasca sarjana ini, untuk pertama kalinya aku ngerasa bahwa aku perlu untuk belajar bareng sama teman-temanku yang lain. Sebelumnya, aku ngerasa kalo aku gak bisa belajar bareng sama orang lain karena setiap orang punya pemahaman yang beda-beda. Jadi, tiap belajar bareng.. aku sering ngerasa bingung karna pemahamanku terkadang beda sama pemahaman temen-temen dan itu sering bikin kacau pemahamanku terkait materi itu sendiri.

Di pasca sarjana ini, aku terpaksa untuk belajar bareng sama temen-temen karena itu bisa mempersingkat waktuku untuk memahami materi yang belum aku pahami sebelumnya. Setelah belajar bareng, aku selalu ngulang materi yang udah aku pelajari itu di kosan sendiri sampe aku paham sama materi itu. Disamping itu, aku juga belajar sendiri materi-materinya karna emang banyak banget yang harus aku pelajari ulang.

Di pasca sarjana psikologi ini, khususnya anak-anak magister profesi yang mana ini pascasajana yang aku pilih… kita gak cuma di tuntut untuk paham sama teori-teori psikologi, tapi kita juga harus bisa menguasai penggunaan alat tes, gimana cara skoringnya dan gimana menggabungkan teori psikologi sama hasil pengambilan data yang udah kita dapetin. Ngebaca kalimat ini aja udah pusing kan? Bener banget.. pusing banget karena disatu sisi harus paham materi, disisi lain harus bisa pake alat tes beserta cucu-cucunya hehehe. Itu bikin aku makin stress, karna jujur aku gak terlalu bisa pake alat tes dan skoringnya pun masih sering kebingungan. Dan sekarang, udah dituntut “harus bisa” dan harus mikirin juga hasil dari alat tes itu gimana.

Jadi, selama di pascasarjana ini.. hampir sebagian besar waktuku dipake buat belajar sama buat latihan pake-pake alat tes itu. Disini juga, bikin aku jadi makin sering belajar bareng sama temen-temen karna ada bebeapa temenku di kelas yang mereka udah bisa pake alat tes beserta skoringnya dengan baik. Ini bikin aku jadi makin stress, aku yang diawal udah berasa ketinggalan karena pelajaran-pelajaran yang aku lupa terus aku juga cukup tertekan karena ngerasa temen-temen udah pada bisa pake alat tes sedangkan aku masih harus banyak belajar banget.

Mulai dari mental yang drop, ngerasa stress, minder dan satu sisi aku harus terus belajar supaya aku gak ketinggalan jauh banget sama temen-temen. Di pasca sarjana ini, aku belajar sesuatu :

“Ada masa dimana kita tetep harus kerja dan belajar walaupun mood kita lagi berasa gak okee banget” “Mau kerja nunggu mood oke dulu? Anda akan makin jauh tertinggal”

Semua hal campur aduk ini, aku hadapi terus sampe sekarang aku kuliah. Tapi itu gak bikin aku nyerah karna aku selalu bilang sama diri aku sendiri “apapun yang udah aku pilih, aku harus selesaikan itu”. Jadi, apapun itu susahnya.. aku tetep mau ngejalanin ini karna ini udah jadi pilihan aku.

Waktu main sama temen-temen kapan? Yang pasti, aku jarang banget ketemu sama temen-temen. Karna aku sekolah pasca ini dirantau, jadi emang gak bisa sering buat ketemu sama temen-temen dan itu jadi suatu keuntungan buatku, aku gak perlu capek-capek mikir buat main sama temen hehe. Btw, aku sekolah pasca di kota Bandung.. kota yang jadi tempat buat orang mau trevelling sama liburan. Dan karna aku sibuk sama urusan sekolah, aku tak pernah trevelling atau pergi ke tempat-tempat hiburan gitu. Selama aku di Bandung, aku cuma baru jalan-jalan ke sekitaran Lembang dan Dago. Selebihnya, masih dalam khayalan hehehe. Jalan-jalannya aku pending dulu, kalo udah beres sekolahnya baru dah mau jalan-jalan.

Di sekolah pasca ini, aku juga pertama kalinya ngerasain begadang karna aku bikin tugas. Jadi, aku itu anak emak banget temen-temen hehehe. Tidur gak pernah malem, selalu tidur cukup dan makan selalu teratur. Sejak di sekolah pasca, aku jadi ngerasain begadang.. tidur kurang dan kadang harus makan sambil ngerjain tugas.

Segini aja, cerita aku seputar kehidupan ku di sekolah pasca.. buat kalian yang mau ngelanjutin sekolah ke jenjang pasca, jangan lupa buat bulatkan tekad dan tetep semangat.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Read More :

Kenapa Mau Sekolah Pasca? 

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com