Just Talk and Relax

13 September 2020

Dinamika Kepribadian?

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Hai.. semuanya, balik lagi di Let’s Talk. Di postingan kali ini, aku ngobrol bareng sama temen-temen aku dari psynamics.id. Topik apa yang kami bicarakan kali ini? Baca sampe selesai yaa…

Berawal dari postingan aku tentang Kepribadian Part 1, disitu aku bilang kalo ada tipe-tipe kepribadian yang dibahas dalam DSM 5. Terus, muncul pertanyaan di otak aku “Kalo misalnya ada 1 juta orang di dunia ini masuk dalam salah satu tipe kepribadian yang ada di DSM 5 itu (misalnya kepribadian dependen).. Apakah 1 juta orang dengan kepribadian dependen itu bener-bener menunjukkan perilaku yang sama persis? Apakah semua hal tentang mereka itu bener-bener sama?” Nah.. jawaban dari pertanyaan ini, ada pada “dinamika kepribadian”. Mau tau dinamika kepribadian itu apa?? Yuk, di kepoin sampe abis postingan ini.

Dinamika Kepribadian?????

Seperti yang kita ketahui, setiap manusia itu punya karakter khasnya masing-masing. Walaupun mereka kembar.. kakak-beradik.. lahir dari kondisi keluarga dan lingkungan yang sama, tetep aja.. mereka pasti menunjukkan karakteristik yang berbeda-beda. Dan itu yang bikin manusia itu unik, punya ciri khasnya masing-masing.

Kalo dikaitkan dengan tipe-tipe kepribadian yang aku bahas sebelumnya, sebenernya.. tipe-tipe kepribadian itu merupakan salah satu cara yang digunakan para ahli untuk memudahkan dalam menggambarkan kepribadian seseorang. Jadi.. bisa dibilang kalo tipe-tipe kepribadian itu merupakan output dari perilaku-perilaku yang ditampilkan. Misalnya, ada orang-orang yang takut banget sendirian, takut ditinggal oleh orang lain dan sering banget minta bantuan orang lain. Kemudian, perilaku-perilaku ini.. dikelompokkan kedalam salah satu tipe kepribadian yang disebut dengan kepribadian dependen.

Terus.. apakah tipe-tipe kepribadian ini.. jadinya melupakan begitu saja karakteristik manusia yang terlahir unik dan punya perbedaan satu sama lain? Jawabannya, tentu saja tidak. Di atas, aku udah bahas kalo tipe-tipe kepribadian ini jadi salah satu cara untuk memudahkan para ahli dalam menggambarkan kepribadian kita. Ketika mereka udah menemukan kepribadian kita masuk kedalam tipe apa.. kemudian para ahli, bakal bahas gimana proses kepribadian kita itu bisa terbentuk dan perilaku-perilaku yang kita munculkan itu bentuknya seperti apa.

Nah… disinilah, para ahli bakal bahas.. apa keunikan dan ciri khas yang kita miliki sehingga, kita dengan kepribadian dependen.. tetep memiliki karakter unik versi kita sendiri. Dan itu yang ngebedain kepribadian dependen ala kita.. dengan kepribadian dependen ala orang lain. Proses inila yang disebut dengan dinamika kepribadian. Jadi, bisa dibilang kalo dinamika kepribadian itu merupakan proses yang dilakukan para ahli untuk menjelaskan bagaimana kepribadian kita terbentuk, gimana struktur kepribadian yang kita miliki dan apa pengaruhnya terhadap perilaku yang kita munculkan.

Apa pentingnya dinamika kepribadian ini?

Dinamika kepribadian ini penting banget buat kita, baik itu sebagai para ahli dan juga untuk klien atau pasiennya. Untuk para ahli (psikolog), dinamika kepribadian ini dipake untuk membantu dalam proses mendiagnosa klien atau pasiennya dan juga untuk menjelaskan latar belakang munculnya perilaku klien atau pasiennya itu. Dari sini, psikolog bisa tau apa kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh klien atau pasiennya itu. Mereka juga tau klien atau pasiennya ini memiliki masalah di bagian yang mana sehingga mereka bisa memberikan penanganan atau intervensi yang tepat bagi klien atau pasiennya itu.

Dinamika kepribadian ini, juga penting buat klien atau pasien lo. Dengan dinamika ini, mereka bisa dapet penjelasan secara menyeluruh tentang kepribadian yang mereka miliki. Misalnya, dia itu orangnya pemalu.. Nah, nanti sama psikolognya bakal dijelasin kenapa bisa jadi pemalu itu. Dengan hal ini, klien atau pasien jadi bisa lebih kenal dengan diri mereka sendiri. Mereka jadi tau apa kekurangan dan potensi yang mereka miliki sehingga mereka lebih bisa menentukan apa yang harus dilakukan untuk kehidupan mereka kedepanya.

Caranya buat tau dinamika kepribadian kita?

Untuk tau gimana sebenernya dinamika kepribadian yang kita miliki, pastinya kita butuh banget bantuan sama orang berkompeten dibidang ini ya teman-teman. Karena untuk dapatin penjelasan tentang dinamika kepribadian kita ini butuh kehati-hatian dan biasanya akan dilakukan beberapa langkah yang diperlukan. Yang pastinya ini harus dilakukan sama orang yang memang belajar dan punya ilmu di bidang ini.

Nah.. buat kalian yang penasaran sama dinamika kepribadian ini.. kalian bisa banget konsultasi sama temen-temen aku di psynamics.id ini. Mereka salah satu biro psikologi yang emang fokus pada dinamika kepribadian kliennya. Jadi, kalian kalo mau konsultasi seputar dinamika ini.. aku saranin banget buat konsultasi ke orang yang tepat, salah satunya di psynamics.id ini.

Psynamics.id ini berlokasi di Bandung ya teman-teman. Jadi, buat kalian yang berdomisili di Bandung bisa banget langsung berkunjung ke kantornya aja. Buat yang gak berdomisili di Bandung, kalian juga boleh ketemu langsung dikantornya atau bisa juga kontak di beberapa akun sosial media punya mereka yaaa.


                       Jl. Sendi Kencana Blok C3, Bandung

                    Psynamics.id

              Psynamics.id

Oke, teman-teman.. sekian dulu postingan aku kali ini. Semoga bermanfaat yaa..

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com