Just Talk and Relax

28 Oktober 2020

Kepribadian Antisosial (Part 2)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Hai.. semuanya, kali ini aku masih mau ngelanjutin bahas tentang kepribadian antisosial. Aku mau bahas apa lagi tentang kepribadian ini, di baca yaa postingan aku..

Terbentuknya orang ansos

Secara biologis, orang yang memiliki kepribadian antisosial ini.. terlahir dengan beberapa unsur-unsur biologis yang mempengaruhi gimana karakter dan perilaku yang mereka tampilkan. Orang ansos, memiliki temperament bawaan yang bikin mereka keliatan tangguh, agresif, impulsif dan tidak punya rasa takut. Dengan temperament ini.. yang bikin mereka mengembangkan perilaku nakal, tidak dapat diatur dan tidak tertekan terhadap aturan. Selain itu, ada juga faktor genetik yang memperngaruhi orang punya kepribadian antisosial. Jadi, kalo seseorang punya ayah atau ibu dengan kepribadian antisosial… itu kemungkinan bakal nurun juga ke anak, sangat memungkinkan anaknya juga punya kepribadian ansos sama seperti orang tuanya.

Di dalam otak orang ansos, juga terdapat bagian septum, hipokampus dan korteks prefrontal yang membuat mereka mengalami penurunan kemampuan untuk menghindar dari bahaya dan menunjukkan perilaku impulsif. Hal ini yang bikin orang ansos keliatan tanpa rasa takut walaupun yang mereka lakukan hal-hal yang berbahaya. Dalam hal pola asuh, biasanya orang tua yang tidak tegas.. akan membuat anak jadi selalu mengejar keinginannya saja tanpa tau apa yang dilakukannya merupakan hal yang berbahaya, hal yang salah atau benar.

Dari sudut pandang psikoanalisa, orang ansos memiliki struktur kepribadian yang didominasi oleh Id dan Super Ego yang tidak berkembang. Id yang dikembangan oleh orang ansos, lebih mengarah pada prinsip kesenangan. Dengan struktur kepribadian yang mereka miliki ini, orang ansos jadinya punya sedikit hati nurani, tidak mudah cemas dan sering mencari pembenaran supaya perilaku mereka keliatan bener atau masuk akal.

Secara interpersonal, orang ansos menunjukkan sikap yang menentang lingkungan, mudah tersinggung, kasar dan mudah menyerang orang yang punya niat untuk menggagalkan niat mereka. Semua hal ini mereka lakukan supaya orang-orang mikir 2x untuk mengendalikan mereka. Selain itu, mereka juga ingin agar orang lain hormat dan gak seenaknya sama mereka. Karakteristik yang dimunculkan orang ansos tentang lingkungan yaitu “moralitas merupakan ilusi, kabaikan merupakan suatu bentuk kelemahan, kepercayaan merupakan sesuatu yang naif”. Kebayang dong, kenapa orang ansos jadi bertindak tanpa memikirkan aturan atau moral di masyarakat. Orang-orang yang memiliki kepribadian antisosial, sering berpikir kalo orang lain mau menyakiti atau mengeksploitasi dia. Hal ini yang bikin orang ansos gak nyesel ketika mereka menyakiti atau mengeksploitasi orang lain.

Orang dengan kepribadian antisosial, biasanya.. mendapatkan pola asuh yang diabaikan, tidak dipedulikan, mengalami hal-hal yang berhubungan dengan permusuhan seperti mengalami KDRT dan pernah mendapatkan pelecehan fisik. Dengan pola asuh yang mereka dapatkan, anak akhirnya berpikir kalo dunia ini merupakan tempat yang dingin dan tidak kenal ampun. Sehingga, hal ini mempengaruhi bagaimana mereka bertindak dalam kehidupannya. Selain itu, pola asuh yang diterapkan juga tidak menunjukkan adanya kelembutan sehingga anak tidak mendapatkan model kelembutan di hidup dia.

Selain itu, pola asuh yang mungkin terjadi pada orang ansos yaitu tidak ada kontrol yang diberikan orang tua sehingga anak tidak pernah belajar untuk mengendalikan agresi mereka secara tepat. Orang juga kemungkinan tidak konsisten dan seenaknya memperlakukan anak mereka sehingga anak menumbuhkan rasa benci dan sangat ingin bebas. Pola asuh yang lebih didominasi oleh kekerasan ini, yang bikin anak belajar kalo mengintimidasi orang lain dan melakukan kekerasan bisa dipake untuk maksa orang lain supaya mereka bisa nurut sama orang ansos.

Dari sudut pandang kognitif, orang ansos punya keyakinan kalo mereka itu orang yang kuat dan mandiri. Mereka juga memandang dunia sebagai tempat yang kejam dan penuh permusuhan, sehingga penilaian mereka terhadap lingkungan menjadi seperti “aku harus jaga diriku sendiri” dan “jika aku gak nyerang maka aku jadi korban”. Dengan pemikiran ini yang bikin orang ansos jadi berperilaku secara impulsif, sangat mementingkan diri sendiri dan kurang dapat memikirkan resiko yang akan mereka hadapi.

Berdasarkan sudut pandang teori evolusi, orang yang memiliki kepribadian antisosial.. memfokuskan hidupnya untuk mencari kepuasan dan kesenangan mereka sendiri. Sehingga mereka selalu mengutamakan keinginannya dan ingin segera dipuaskan. Mereka secara aktif memuaskan keinginannya dengan cara memanipulasi lingkungan, bertindak secar agresif dan mengintimidasi orang lain. Mereka juga menunjukkan sikap yang mandiri karena gak percaya sama orang lain dan mereka juga mau ngelindungi kebebasan yang mereka punya.

Oke, teman-teman.. sekian dulu postingan aku kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian semua.. sampai ketemu dipostingan selanjutnya.

Referensi :

Davidson, G.C., dkk. Psikologi Abnormal. Edisi ke-9. 2004.

Millon, T., dkk. Personality Disorder in Modern Life, Second Edition. 2000.

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com