Just Talk and Relax

6 Juli 2020

Literature Review


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Di postingan kali ini, aku bakal bahas soal literatuter review. Nah, aku mau cerita dulu kenapa aku tertarik buat nulis tema ini. Jadi, selama pandemi ini hampir semua kegiatan dilakukan dirumah kan. Mulai dari kegiatan kuliah sampe seminar-seminar pun dilakukan dari rumah juga. Berawal dari ini nih, karna kegiatan kuliah aku yang dipindahkan semuanya jadi dilakukan hanya dari rumah saja dan kegiatan kuliahku sekarang juga udah gak terlalu padat lagi karna aku udah mulai praktek kerja lapangan (PKL). Jadwal kuliah tatap muka pun cuma satu mata kuliah dan sisanya presentasi laporan PKL itu. Jadi, aku punya banyak waktu luang dirumah. Karna udah mulai bosan dengan kegiatan dirumah yang itu-itu aja dan semua hiburan juga udah dilakukan semua, dari sini aku mulai kepikiran buat cari tau penelitian apa yang mau aku lakukan atau yang mau aku bahas buat penelitian di tugas akhir ku nanti.

Dari sini, aku akhirnya mulai cari-cari topik penelitian apa yang tertarik buat aku bahas. Singkat ceritanya, ketika aku lagi cari topik penelitian aku, dikampus aku ngadain seminar online tentang literature riview ini. Pas liat pamflet seminar ini tu, aku langsung tertarik karna selama ini penelitian bagi aku itu jadi momok yang sangat tidak menyenangkan buat aku. Dan aku mau si penelitian ini engga jadi momok yang menakutkan lagi buat aku dan aku penasaran gimana sih supaya kita bisa melakukan penelitian dengan tepat kayak orang-orang peneliti gitu. Ya udah deh, aku akhirnya daftar seminar ini dan aku ngajak temen-temenku yang lain. Cuma ya.. mereka gak terlalu tertarik sama materi jadinya ya sudah hehehehe.

Pas waktu seminarnya itu, ternyata isinya menarik banget dan menurut aku juga ini salah satu bahan awal yang penting buat mahasiswa atau siapapun yang mau melakukan penelitian secara ilmiah. Makanya nih, aku mau share sedikit tentang apa yang aku pahami dari literarure review ini.


Literature Review?

Literature review atau tinjauan literatur merupakan ringkasan komprehensif (keseluruhan) dari topik-topik tertentu. Literature review ini, bisa dijadikan sebagai langkah awal saat kita akan melakukan penelitian. Dengan melakukan literature review, kita bisa mendapatkan gambaran dan pemahaman secara menyeluruh mengenai topik-topik yang diinginkan. Tidak cuma itu aja, di literature review ini kita bisa juga menemukan kesenjangan atau ketidaksesuaian antara fenomena dengan teori yang ada, dimana hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita yang akan melakukan penelitian dengan topik serupa. Dengan temuan ini, kita juga bisa mendapatkan ide penelitian dan digunakan untuk penelitian yang akan kita lakukan.

Literature review ini bisa digunakan untuk berbagai sumber yang ada seperti artikel ilmiah, buku, jurnal dan sumber-sumber lain yang relevan dengan topik yang diinginkan. Nah, di literature review ini kita tidak hanya membaca sumber-sumber yang sudah kita dapatkan tetapi kita juga menganalisa dari sumber bacaan itu seperti melihat kekurangan dan proses penelitian yang sudah dilakukan. Tidak hanya itu, kita juga melakukan evaluasi dari setiap sumber bacaan yang sudah kita temukan sehingga nantinya kita bisa menemukan alasan kenapa kita ingin melakukan penelitian pada topik tertentu. Ada kutipan yang menarik nih, yang aku temuin tentang tema ini :

“Dalam menulis literature review, tujuan kita melakukannya adalah untuk menyampaikan kepada pembaca tentang pengetahuan dan gagasan tentang suatu topik. Apa kekuatan dan kelemahannya. Literature review ini disesuaikan dengan topik atau tema yang kita inginkan (misalnya, disesuaikan dengan tujuan penelitian kita, masalah atau isu yang ingin didiskusikan). Ini bukan hanya sekedar daftar deskriptif dan sebuah ringkasan.”

Nah… udah diliat kan apa itu literature review dan manfaatnya buat kita yang akan melakukan penelitian. Buat aku pribadi sih manfaat personal yang aku rasain dari literature review ini aku jadi didorong untuk baca secara keseluruhan. Kayak mau gak mau harus baca jurnal dan artikel yang aku temui dari awal sampai akhir gitu. Kebiasaan baca aku yang dari dulu cuma cari hal-hal yang aku perluin aja terutama baca artikel dan jurnal. Dengan literature review ini, aku jadinya ngerasa didorong buat baca jurnal dari awal sampai akhirnya.

Gimana cara nulis literature review?

Cara buat nulis literature review ini simple banget teman-teman. Apalagi kalo kita udah ketemu topik yang mau kita teliti apa. Tapi buat yang belum menemukan topik penelitian gak masalah, dengan literature review ini kalian bisa ketemu ide-ide penelitian setelah baca beberapa sumber yang udah kalian dapatkan. Oke, ini aku ceritain cara nulis literature review ya :

 1. Menetukan topik.

2. Mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan.

3. Menganalisa dan mengevaluasi setiap sumber bacaan yang ditemukan.

4. Membuat kesimpulan.

Menentukan topik

Nah, buat nentuin topik penelitian ini bisa kalian cari dari berbagai sumber seperti baca berita, melihat fenomena yang terjadi saat ini dan bisa juga dengan mencari hasil-hasil penelitain terbaru. Atau kalian bisa juga cari dengan sumber lainnya.

Mencari sumber yag berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan

Setelah kalian ketemu topik apa yang ingin kalian jelajahi lebih lanjut, kalian bisa kumpulin sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang kalian tentukan itu. Sumber yang didapat bisa macem-macem kayak bisa cari dari jurnal, buku atau artikel ilmiah dan sumber lainnya yang menurut kalian relevan sama topik yang sudah kalian tentukan. Nah, buat nyari sumber ini kalian perlu untuk memperhatikan beberapa hal terutama dalam mencari jurnal penelitian. Biasanya dosen mau nerima jurnal kalo diambil dari jurnal-jurnal yang “terpercaya”. Kenapa aku kasih tanda kutip buat yang terpercaya? Karna akupun masih bertanya-tanya, emang ada jurnal yang tidak terpercaya.. ya, setidaknya jurnal itu dipercaya sama yang buat jurnalnya sendiri kan hehehe.

Oke, balik lagi.. jurnal “terpercaya” seperti apa yang biasanya diterima. Kalo dari pengalaman aku, biasanya cari jurnal-jurnal yang sudah dikutip sama banyak orang, jurnal yang diterbitkan dari lembaga atau instansi yang sudah diakui dan biasanya kalo aku cari jurnal yang ada nomor-volume-atau bahkan yang ada ISSN atau DOI nya. Nah, yang paling “terpercaya” biasanya jurnal-jurnal dari luar negeri alias jurnal yang berbahasa inggris.

Menganalisan dan mengevaluasi setiap sumber bacaan yang ditemukan

Setelah kita ngumpulin sumber-sumber yang relevan sama topik penelitian kita, disini kita mulai baca satu per satu sumber bacaan itu dan mulai menganalisa setiap sumber bacaannya. Untuk memudahkan dalam penulisan, biasanya dibuat dalam bentuk tabel untuk sumber-sumber kayak artikel dan jurnal. Bentuk tabelnya bisa seperti ini kira-kira :


Membuat Kesimpulan

Setelah kalian ngerasa cukup untuk menganalisis topik yang kalian inginkan. Kalian bisa buat kesimpulannya. Biasanya kesimpulannya, bisa berupa kita ketemu pertanyaan penelitian yang bisa digunakan sebagai alasan untuk melakukan penelitian. Selain itu, kalian juga bisa menemukan hipotesis atau dugaan sementara dari penelitian yang akan kalian lakukan.

Nah… kalo kalian udah bikin literature review ini, kalian bisa bilang ke dosen pembimbing mengenai topik dan gambaran penelitian yang akan kalian lakukan. Kalo kalian udah nyiapin materi penelitian kalian dengan matang, dosen pembimbing kalian juga bakal support dan bakal nilai kalian udah siap untuk melakukan penelitian. Bukan mahasiswa yang masih balum jelas mau ngelakuin apa.

Oke, teman-teman.. semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

Referensi :

https://guides.library.bloomu.edu/litreview

hasil seminarku


Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com