Just Talk and Relax

20 Oktober 2020

Kepribadian Antisosial (Part 1)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Haloo.. semuanya, masih seputar tipe-tipe kepribadian… kali ini aku mau bahas tentang salah satu tipe kepribadian yang mungkin udah gak asing lagi buat kalian denger. Tapi, apakah tipe kepribadian ini beneran sesuai dengan apa yang kalian maksud? Yuk.. baca postingan aku.

Buat sebagian orang mungkin udah gak asing lagi dengan kata “anti-sosial”. Kata ini, sering banget aku denger buat ngomongin orang-orang yang gak suka melakukan interkasi sosial. Misalnya, ada orang yang lebih suka dirumah aja dan jarang buat ngobrol atau kumpul bareng temennya.. terus orang ini dibilang sebagai orang yang “anti-sosial”. Nah.. dipostingan aku kali ini, bakal bahas tentang kepribadian antisosial ini. Apakah kepribadian antosisal ini sama seperti yang anda maksud? Mari.. membacaaaaa

Orang Ansos?

Orang dengan kepribadian antisosial atau yang biasa disebut dengan orang ansos merupakan seseorang yang memiliki karakteristik impulsif, sering bertindak keras dan sering melawan aturan. Mereka dapat terlihat sebagai orang yang sangat mandiri dan ingin bebas untuk melakukan sesuatu yang disukainya. Mereka juga bisa melakukan penyerangan kepada siapa saja yang ingin membatasi atau mengontrol dirinya. Jadi, bisa dibilang kalo orang ansos ini sering melakukan tindakan semau mereka dan sangat tidak ingin di kontrol oleh hal apapun. Mereka juga sering melakukan tindakan-tindakan yang melanggar atuuran, baik itu aturan di masyarakat maupun aturan hukum.

Di salah satu buku abnormal yang aku baca, seseorang di diagnosa mengalami gangguan kepribadian antisosial ini kalau sebelumnya (sebelum usia 15 tahun) dia sudah di diagnosa mengalami gangguan perilaku. Bisa dibilang, orang ansos ini sudah terlihat sejak dia masih kecil dan terus berkembangan sampai dia dewasa. Selain itu, biasanya mereka bukan orang yang bertanggung jawab atau bisa dibilang mereka sering lalai dalam tugas dan kewajiban mereka, baik itu dalam hal pekerjaan.. rumah tangga atau yang lainnya. Mereka juga sering melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Mereka sering bertindak secara agresif, impulsif dan mudah tersinggung. Ketika melakukan sesuatu, mereka sangat sulit merasakan penyesalan dari kesalahan yang mereka lakukan. Mereka juga bukan orang yang bisa bikin perencanaan untuk masa depan hidupnya.

Biasanya orang-orang dengan kepribadian ansos ini dapat bertahan dalam kehidupan yang keras. Mungkin, karena mereka merupakan orang yang bisa melawan jika ditindas, orang yang sangat mandiri dan merasa bebas untuk melakukan sesuatu. Di DSM 5 sendiri, orang di diagnosa mengalami gangguan kepribadian antisosial ini.. mereka sebelumnya (usia 15 tahun kebawah) mengalami gangguan perilaku dan sering melakukan tindakan yang melanggar hak-hak orang lain.

Normal to Abnormal

Sama seperti tipe-tipe kepribadian lainnya, di kepribadian antisosial ini juga memiliki tipe kepribadian versi normal dan versi gangguannya.

The Dessenting Personality

(Tipe Normal Kepribadian Antisosial)

Gangguan Kepribadian Antisosial

(DSM 5)

Melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri dan bersedia mengambil resikonya

Gagal menyesuaikan diri dengan norma sosial

Tidak peduli dengan pendapat orang lain

Melakukan tipu daya (manipulasi) untuk mendapatkan keuntungan atau kesenangan pribadi

Kadang-kadang ada di batas hukum (belum sampai melakukan tindakan melanggar hukum) agar tujuan mereka bisa tercapai

Impulsive dan tidak bisa membuat rencana masa depan

Memandang diri sebagai orang yang mandiri

Mudah tersinggung dan agresif yang ditunjukkan dengan sering berkelahi

Tidak suka rutinitas dan impulsif

Sering mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain

Memanjakan diri mereka dengan melakukan hal-hal yang disukai, akan tetapi mereka sadar apa yang dilakukan akan merusak diri mereka atau orang lain

Tidak bertanggung jawab dalam bekerja

Lebih suka memikirkan kesenangan daripada masa depan

Kurang memiliki rasa penyesalan yang ditunjukkan dengan bersikap acuh tak acuh setelah menyakiti atau menganiaya orang lain

Sangat ingin menjadi otoritas untuk melindungi perasaan independen mereka

 

Kalo kita perhatiin ansos versi normalnya, sebenernya orang yang memiliki tipe kepribadian antisosial ini… kalo mereka bisa menyalurkan dan menggunakan tenanga mereka secara tepat.. mereka bisa jadi orang yang sukses dan berhasil di kehidupan mereka. Ada beberapa karakteristik positif yang aku liat disini dan hal itu bisa jadi modal yang bagus buat dia menjalani kehidupannnya. Sebagai contoh, dia gak peduli dengan pendapat orang lain.. sering melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri dan bersedia untuk ambil resiko dari apa yang dia lakukan. Hal ini kalo diarahkan dengan baik, mereka bisa jadi orang yang kreatif dan membuat sesuatu yang beda dari yang lainnya. Dan ini.. kalo terus dikembangkan, bisa aja mereka malah bikin lapangan pekerjaan buat orang-orang.

Ansos-Psikopat-Sociopath

Setelah aku jelasin tentang kepribadian antisosial ini, mungkin beberapa orang ngira kalo karakteristik di kepribadian ini.. memiliki kemiripan dengan karakteristik orang psikopat. Apakah mereka hal yang sama atau beda ya? Sebenernya, istilah antisosial-psikopat-sociopath ini semuanya mengarah pada satu diagnosa yaitu ‘Orang yang termasuk dalam kepribadian antisosial’. Ketiga istilah ini sebenernya membahas hal yang sama, cuma ada beberapa hal aja yang sedikit membedakan mereka.

Aku bahas persamaannya dulu yaa.. jadi ketiga orang ini sama-sama memiliki karakteristik yang mementingkan diri sendiri, impulsif, agresif dan ingin semua kemauannya bisa tercapai. Cara mereka untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai keinginnya, itu menurutku yang membedakan ketiga istilah ini. Kalo orang antisosial, mereka lebih bertindak secara impulsif dan agresif. Artinya, ketika mereka mau sesuatu.. mereka akan langsung berusaha untuk memenuhi hal itu tanpa berpikir panjang. Kalo orang sociopath, mereka biasanya melakukan tindakan-tindakan yang mengarah pada perilaku yang melanggar aturan. Tindakan yang mereka lakukan biasanya mengambil paksa punya orang lain atau melakukan tindakan yang melanggar hukum lainnya.

Kalo orang psikopat, mereka biasanya bertindak lebih terencana dengan melakukan berbagai manipulasi supaya keinginan mereka dapat terpenuhi tanpa membuat “korban” mereka sadar kalo dia sedang dimanfaatkan. Pada orang psikopat ini, mereka akan melakukan berbagai hal untuk memanipulasi tanpa adanya rasa penyesalan dan sedikit empati. Biasanya, orang-orang psikopat ini bisa menjadi “penipu kelas kakap”.

Oke, teman-teman.. sekian dulu postingan aku kali ini. aku masih akan bahas tentang kepribadian antisosial ini. Jadi, jangan lewatkan postingan selanjutnya yaa…

Referensi :

Davidson, G.C., dkk. Psikologi Abnormal. Edisi ke-9. 2004.

Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders, Fifth Edition. 2013.

Millon, T., dkk. Personality Disorder in Modern Life, Second Edition. 2000.

 

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com