Just Talk and Relax

30 Juli 2020

Kenapa Mau Sekolah Pasca?

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu

Hai semuanya.. ketemu lagi sama aku. Kali ini, aku mau cerita tentang diri aku sendiri. Kenapa aku memutuskan untuk sekolah pasca sarjana. Padahal buat kalian yang sekarang lagi kuliah sarjana atau diploma, pasti berasanya capek.. susah dan pengen cepet-cepet selesai ngeberesin kuliah kalian.

Awalnya aku mau cerita dulu tentang keinginan aku yang akhirnya mengarahkan aku untuk memutuskan mau sekolah ke pasca. Jadi, waktu itu aku masuk semester 3 kuliah sarjanaku dan di semester itu, salah satu mata kuliahku yaitu tahap perkembangan manusia. Nah, waktu dosen ngejelasin tentang tahap perkembangan dari masa bayi sampe masa anak-anak.. itu aku tertarik banget buat belajar itu. Jadi, aku selalu excited setiap dosen ngejelasin materi tentang itu. Terus.. di mata kuliah ini juga, salah satu dosen aku bilang di kelas “kalo kalian mau belajar psikologi lebih mendalam lagi, kalian bisa sekolah di pasca sarjana. Di pasca sarjana, kalian bakal belajar psikologi dengan lebih spesifik sesuai sama minat kalian. Di sarjana ini, kita cuma belajar semua psikologi dasar. Jadi, sangat disarankan kalian kalo mau belajar lebih dalam lagi tentang psikologi.. kalian bisa ngelanjutin sekolah di pasca sarjana.”

Dari penjelasan dosen inila, yang bikin aku akhirnya memutuskan mau melanjutkan sekolah aku lagi. Apalagi dulu masih semester 3 kan, jadi masih belum terlalu melelahkan kuliah tu hahaha. Setelah aku mutusin mau ngelanjutin sekolah aku, aku tu masih gak tau mau ambil peminataan apa. Yang aku mau cuma belajar lebih banyak hal lagi tentang perkembangan anak.

Makin banyak semesterku, dosen-dosenku makin banyak ngeleasin tentang penjurusan psikologi itu sendiri. Ternyata jurusan psikologi di Indonesia itu, ada 4 peminatan yaitu psikologi klinis, pendidikan, sosial dan industri organisasi (psikologi yang biasanya ada di perusahaan). Terus dosen aku ngeleasin kalo di 4 peminatan itu, masih ada pengelompokan lagi didalamnya.. kayak psikologi klinis itu ada 2 bagian didalamnya yaitu psikologi klinis anak-remaja dan psikologi klinis dewasa.

Hhmm… untuk tau selengkapnya tentang jurusan psikologi, nanti bakal aku bahas di posting selanjutnya.

Setelah dosen aku ngelasin tentang jurusan psikologi ini, akhirnya aku mutusin untuk ngelanjutin sekolah aku di psikologi klinis anak-remaja karna aku emang mau belajar banyak banget tentang anak. Kenapa aku tertarik sama perkembangan anak? Aku tertarik sama perkembangan anak bukan karna aku suka sama anak-anak yaa. Justru aku kurang suka main sama anak-anak karena manurutku anak-anak itu cukup mengganggu karna mereka yang selalu mau main, sedangkan aku punya aktivitas lain selain main sama mereka. Tapi, pas aku lagi dengerin dosen ngejelasain tentang perkembangan anak ini.. aku cukup amazing karna dari perkembangan anak inila yang jadi penentu terbesar gimana karakter dan gimana cara kita menghadapi dunia ini.

Dari sinila yang bikin aku tertarik banget buat belajar tentang anak-anak. Dan karna aku gak suka sama anak-anak juga, aku mau nantang diri aku sendiri karna aku sadar aku gak boleh gak suka sama anak-anak. Ya gitu deh, aku mutusin buat belajar memperdalam tentang dunia perkembang anak-anak.

Apakah cita-cita aku ini, selalu ku pegang teguh? Tentu saja tidak. Makin banyak semester, pasti makin sulit juga kuliahku. Makin berasa capek buat kuliah dan pengen cepet-cepet udahan. Karna tau kuliah makin lama makin melelahkan, jadinya aku sempet menyingkirkan keinginan aku untuk lanjut sekolah lagi. Dan ini selalu ku pegang sampai aku selesai kuliah sarjana.

Setelah selesai kuliah, aku mutusin buat cari kerja aja dan ngelupain keinginan aku ini. Walaupun, sebenernya aku masih nyimpen keinginan aku buat sekolah lagi tapi aku coba berpikir realistis aja. Udah bisa selesai sarjana aja, udah bersyukur banget. Kalo aku mau sekolah lagi, apa aku bisa? Karna aku ngerasa gak akan bisa buat sekolah lagi, aku akhirnya mutusin buat memendam keinginan aku ini.

Ternyata kehidupan setelah sekolah itu, jauh lebih memusingkan. Harus banyak mikir dan muter otak biar kita bisa tetap menjelani hidup. Tadi kan, setelah selesai kuliah.. aku mutusin buat cari kerja aja. Ternyata cari kerja juga gak segampang itu, aku banyak ngelamar pekerjaan dan belum ada rejekinya alias aku belum dapet kerjaan. Dan itu sampe 1 tahun aku selesai kuliah. Karna aku mulai ngerasa putus asa, aku jadi mutusin buat ngelanjutin sekolah aku tapi itupun gak 100% dengan hati yang teguh. Waktu itu yang aku pikirin, aku mau cari kerja sekalian cari sekolah juga karna aku gak tau takdirku ada dimana.

Akhirnya, setelah aku daftar kerja dan daftar sekolah. Ternyata aku diterima untuk sekolah lagi dan gak diterima kerja lagi. Hhmm… butuh waktu untuk memutuskan mau sekolah lagi karna aku berasa gak akan bisa untuk sekolah lagi. Setelah aku piker-pikir lagi, mungkin ini memang takdirku. Dan akhirnya aku mutusin buat daftar ulang di kampus dan jadila anak sekolah lagi. Hehehe

Oke teman-teman, sekian dulu cerita aku kali ini. Sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Read More :

Serba-Serbi Kehidupan Pasca

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com