Just Talk and Relax

19 Juli 2020

Kepribadian (Part 1)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu


Hai, semuanya.. kali ini aku mau bahas tentang kepribadian atau personality. Disini aku akan bahas seputar kepribadian secara umum. Jadi, buat kalian yang baru mau belajar memahami kepribadian kalian bisa coba baca tulisan ini hehehe

Apa itu kepribadian?

Oke, untuk yang pertama aku akan bahas tentang pengertian kepribadian. Kepribadian itu berasal dari kata “persona” yang artinya topeng. Jadi, kalo diartikan kepribadian itu merupakan kesan yang kita tampilkan di hadapan orang-orang yang dibalik itu ada hal tersembunyi dan jarang diungkapkan. Menurut Millon, kepribadian itu merupakan sesuatu yang membuat kita jadi terlihat beda dari manusia lainnya. Nah, kepribadian ini sebenernya merupakan pola karakteristik psikologis yang diekspresikan pada setiap aspek di dalam diri manusia. Pola karakteristik ini, terbentuk selama masa pengasuhan seorang individu atau dengan kata lain pola ini terbentuk dari pola asuh yang kita dapatkan dari kecil dari pengasuh kita. Pola ini juga berhubungan dengan norma-norma yang ada di lingkungan manusia itu hidup.

Kepribadian normal VS Gangguan kepribadian

Kepribadian itu sebenernya ada kontinumnya, kayak rentang dari kategori normal sampai kategori gangguan. Jadi kalo misalnya kalian ngerasa kalian itu punya kepribadian tertentu, itu bukan berarti kalian mengalami gangguan kepribadian. Bisa aja kalian berada dalam kategori yang normal dari kepribadian tersebut. Nah, sekarang.. yuk kita bahas bedanya kepribadian yang ada dalam rentang normal sama kepribadian yang udah masuk gangguan.

Kepribadian yang ada di rentang normal itu kepribadian yang fleksibel dan bisa menyesuaikan diri dengan perilaku dan kebiasaan di tempat manusia itu hidup. Sedangkan gangguan kepribadian itu cenderung kaku, menunjukkan perilaku yang tidak umum atau tidak relevan di lingungan sosialnya. Di buku psikologi abnormal, gangguan kepribadian itu merupakan pola perilaku yang tidak fleksibel, ekstrem dan menyimpang dari budaya setempat. Penjelasan yang sama juga aku dapetin di DSM 5 kalo gangguan kepribadian itu pola perilaku yang menyimpang dari budaya, tidak fleksibel dan biasanya gangguan itu mulai muncul ketika memasuki masa remaja atau dewasa awal. Oh iya, DSM 5 ini buku diagnostik yang selalu dipake buat orang-orang yang mau mendiagnosis keadaan psikologis seseorang.

Menurut Millon, ada 3 karakteristik seseorang itu bisa masuk dalam kategori gangguan kepribadian.

1. Orang itu cenderung kurang tahan ketika menghadapi stress.

     Orang dengan kepribadian normal, kalo gagal saat menghadapi masalah atau lagi ada di situasi stress, mereka akan coba berbagai cara supaya masalahnya bisa selesai. Nah.. kalo orang dengan gangguan kepribadian, mereka itu bertahan di satu cara aja dan kalo gagal itu bisa bikin mereka jadi tambah stress dan akhirnya mereka makin menciptakan persepsi sosial yang distorsi.

2. Tidak fleksibel

      Orang dengan kepribadian normal, mereka ngerasa perlu untuk fleksibel, tau kapan harus ambil inisiatif dan mengubah lingkungan serta tau kapan harus beradaptasi dengan lingkungan. Kalo orang yang gangguan kepribadian, mereka cenderung kaku dan memaksakan diri untuk berperilaku di kondisi yang tidak sesuai dengan lingkungannya. Biasanya orang gangguan kepribadian, akan mengendalikan lingkungan secara intens dan menunjukkan sifat kekakuan mereka. Akhirnya, ini yang bikin orang-orang gangguan kepribadian mengalami masalah di interaksi sosial mereka dengan lingkungan karena mereka memaksa lingkungan untuk jadi seperti yang mereka mau.

3. Ada pola lingkaran setan yang terbentuk

      Karena gagal berubah, orang dengan gangguan kepribadian akan terus-menerus mengulang hal yang sama sehingga terbentuk lingkaran setan dimana mereka jadinya terus-terusan berkutat di hal yang sama.

Nah, udah keliatan banget kan bedanya kepribadian yang normal sama yang gangguan. Yuk, lanjut ke bahasan selanjutnya..

Tipe-tipe Kepribadian

Di DSM 5, ada 3 kelompok kepribadian dan di setiap kelompoknya disebutin tipe-tipe kepribadiannya. Ada 10 tipe kepribadian yang dibahas di DSM 5 dan aku akan sebutin tipe-tipe kepribadiannya apa aja. Kali ini, aku cuma nyebutin tipe-tipenya aja ya.. di postingan selanjutnya nanti aku bakal bahas satu-satu kepribadian itu.

1. Kelompok A (Cluster A)

    Kelompok kepribadian ini menunjukkan perilaku aneh dan eksentrik sehingga sering mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan interpersonal. Tipe kepribadian yang masuk dalam kelompok ini :

a.  Kepribadian Paranoid

b. Kepribadian Schizoid

c. Kepribadian Schizotypal

2. Kelompok B (Cluster B)

    Kelompok kepribadian ini menunjukkan perilaku dramatis, emosional dan tidak menentu. Tipe kepribadian yang masuk dalam kelompok kepribadian ini:

a. Kepribadian Antisosial

b. Kepribadian Borderline

c.  Kepribadian Histrionik

d. Kepribadian Narsistik

3. Kelompok C (Cluster C)

    Kelompok kepribadian ini sering menunjukkan perilaku cemas dan takut. Tipe kepribadian dalam kelompok ini :

a. Kepribadian Avoident

b. Kepribadian Dependen

c. Kepribadian Obsesif-Compulsif

Nah, ini dia penjelasan singkat mengenai kepribadian. Semoga bisa membantu buat kalian yaa. Sampai ketemu di postingan aku selanjutnya.

Referensi :

Davidson, G.C., dkk. Psikologi Abnormal. Edisi ke-9. 2004.

Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders, Fifth Edition. 2013.

Millon, T., dkk. Personality Disorder in Modern Life, Second Edition. 2000.

Read More :

Kepribadian (Part 2)

Diagnostic and Statistic Manual of Mental Disorders ( DSM)

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Cari Blog Ini

Popular Posts

Copyright © Coklat Panas | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com